Maandag 17 Junie 2013

Sejarah Kaki Seribu

Kaki seribu adalah satwa pertama yang hidup di darat. Bukti fosil menunjukkan bahwa kaki seribu adalah satwa paling awal yang menghirup udara dan pindah dari air ke darat. Pneumodesmus newmani, fosil yang ditemukan di batulanau di Skotlandia, berumuri 428 juta tahun, dan merupakan spesimen fosil tertua dengan spirakel untuk menghirup udara. Kaki seribu merupakan satwa invertebrata. Sebenarnya jumlah kakinya tidak mencapai seribu!
Putar kaki seribu di atas, dan Anda akan melihat bahwa hampir semua segmen tubuhnya memiliki dua pasang kaki masing-masing. Segmen pertama selalu tidak memiliki kaki sama sekali, dan segmen dua sampai empat bervariasi, tergantung pada spesies.
 Kaki seribu menjalani metamorfosa yang disebut pengembangan anamorphic. Setiap kali mereka molting (ganti kulit), itu menambah segmen tubuh dan kaki. Anak kaki seribu memulai hidup hanya dengan 6 segmen tubuh dan 3 pasang kaki, tetapi dengan bertambahnya usia mereka memiliki puluhan segmen dan ratusan kaki. Karena kaki seribu yang rentan terhadap predator ketika mereka berganti kulit, mereka biasanya melakukannya dalam ruang bawah tanah dimana mereka tersembunyi dan dilindungi.
Bagian punggung kaki seribu ditutupi oleh pelat mengeras disebut tergites, tetapi bagian bawahnya lembut dan rentan. Kaki seribu bukanlah makhluk cepat, sehingga mereka tidak akan berlari lebih cepat dari predator mereka. Sebaliknya, ketika kaki seribu merasa berada dalam bahaya, ia akan menggulung tubuhnya menjadi seperti spiral ketat untuk melindungi bagian perutnya.
Kaki seribu adalah makhluk yang cukup jinak. Mereka tidak menggigit. Mereka tidak bisa menyengat. Dan mereka tidak memiliki penjepit untuk melawan. Tetapi kaki seribu membawa senjata kimia rahasia. Beberapa jenis kaki seribu memiliki kelenjar bau (disebut ozopores) dari mana mereka memancarkan bau busuk (dan juga rasa) yaitu senyawa untuk mengusir predator. Bahan kimia yang dihasilkan oleh kaki seribu tertentu dapat merasa terbakar atau melepuh di kulit jika Anda menangani mereka. Selalu mencuci tangan setelah memegang kaki seribu.
Setelah kawin, kaki seribu betina masuk kedalam liang di dalam tanah dan menggali sarang untuk bertelur. Dalam beberapa kasus, kaki seribu dapat mendorong tanah dengan ujung belakangnya untuk membentuk sarang. Dia akan menyimpan 100 telur atau lebih (tergantung pada spesies nya) di sarang, dan anak akan muncul sekitar sebulan kemudian.
Secara umum, arthropoda memiliki masa hidup yang pendek, tapi kaki seribu bukan arthropoda yang umum. Mereka dapat berumur panjang. Kaki seribu mengikuti motto "lambat dan mantap memenangkan perlombaan." Mereka tidak mencolok atau cepat, dan mereka hidup agak membosankan sebagai dekomposer.

1 opmerking:

  1. Ayo dengan modal kecil bisa menang banyak lo gays?
    Dengan modal Rp20.000,
    Anda bisa menang "Puluhan Juta" !!!
    Hanya di Sinidomino. xyz
    Untuk info lebih lanjut, Hubungi :
    -Pin BBM : D61E3506 (24 jam Online )
    PINDAH DANA KE WD

    AntwoordVee uit